Perbandingan TV LED dengan LCD TV

Dulu Memilih TV adalah pekerjaan yang sederhana dan mudah karena hampir semua tipe televisi berbentuk tabung hanya mungkin saja merk yang menjadi pertimbangan, tetapi sekarang tidak lagi. Ada TV LCD, TV plasma dan yang baru yaitu TV LED. Ya, TV LED (Light Emitting Diode) merupakan teknologi yang secara perlahan membuat terobosan ke pasar elektronik karena menjanjikan dapat menghemat energi listrik.

Pada artikel ini, disajikan untuk Anda suatu perbandingan pilihan diantara LED TV atau LCD TV yang semoga bisa mengobati kebingungan Anda diantara kedua teknologi Televisi ini.

Perbandingan antara TV LED dengan LCD TV

Perbandingan antara TV LED dengan LCD TV

Perbandingan antara TV LED dengan TV LCD
Apa yang membuat TV LED ini bisa menghemat konsumsi energi listrik dibandingkan dengan teknologi TV LCD, kenyataannya bahwa TV LED ini tidak perlu tabung sinar katoda yang mengkonsumsi listrik untuk operasionalnya.

LED vs LCD TV: Selisih Teknologi
Teknologi yang membuat TV LED mungkin tidak sepenuhnya berbeda dari LCD TV. Bahkan, itu merupakan modifikasi dari desain LCD TV aslinya. Anda bisa mengatakan bahwa TV LED adalah perbaikan atas TV LCD. Pada kedua teknologi, gambar diciptakan oleh modifikasi dari polarisasi bahan kristal cair diisi dalam ruang transparan tipis. Sehingga dibutuhkan sebuah Lampu untuk pembentukan gambar yang disediakan oleh backlight dalam menerangi kristal cair tersebut.

Perbedaan LED dan LCD TV terletak pada backlighting yang digunakan. Sementara lampu neon katoda dingin bertindak sebagai mekanisme backlighting untuk TV LCD, dioda memancarkan cahaya yang digunakan dalam TV LED. Karena itulah satu-satunya perbedaan utama televisi ini.

Perbedaan pencahayaan juga menyebabkan perbedaan besar dalam kualitas gambar. TV LED menawarkan gradasi yang lebih baik dalam skema warna dibandingkan dengan TV LCD. Cahaya yang dipancarkan oleh LED TV juga cenderung lebih lembut di mata daripada LCD TV.

Konsumsi daya listrik untuk TV LED dengan LCD TV
Berkenaan dengan konsumsi daya listrik pada LED TV ini, diketahui bahwa cenderung lebih ekonomis dalam penggunaan daya listrik dibandingkan dengan TV LCD, hal ini dikaitkan dengan alat yang tertanam sebagai semikonduktor solid state pada LED TV ini. Konsumsi daya yang rendah secara otomatis akan diterjemahkan ke dalam tingkat panas yang rendah. Sehingga menghasilkan l40% lebih rendah konsumsi energi listrik dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yaitu LCD TV.

Perbandingan Harga TV LED dengan TV LCD
Sementara TV LCD memiliki konsumsi daya energi listrik yang lebih tinggi tetapi keuntungannya adalah lebih rendah harganya ketimbang dengan LED TV. Karena LED TV merupakan teknologi dan seperti kita tahu bahwa biaya produksi TV LED ini belum diturunkan dikarenakan faktor produksi secara massal.

Kesimpulannya bahwa TV LED jauh lebih mahal dibandingkan dengan TV LCD. Namun, semoga dengan berjalannya waktu, harga TV LED ini diharapkan dapat turun secara substantial.

Sedikit Tips sebelum membeli TV LCD maupun TV LED. Periksa dan baca dahulu kisaran harga yang ditawarkan dalam Memilih TV LED maupun TV LCD yang terbaik dipasaran, dari fitur, spesifikasi, begitupun juga sesuaikan dengan budget maupun kebutuhan Anda.

Saya harap perbandingan dari TV LED dengan LCD TV ini dapat membantu kebingungan Anda mengenai dua teknologi televisi ini. Kini Pilihannya ada ditangan Anda.